Kamis, 03 Juni 2010

Lokasi 0 Kilometernya Kota Bandung

Bandung atau dikenal juga sebagai Parije Van Java (Itu juga kata orang-orang Belanda Zaman dulu) adalah kota yang paling terkenal ketiga setelah Jakarta dan Bali. Menurut kabar orang Belanda yang datang menjajah dulu sangat berantusias terhadap kota tua ini karena keindahan akan kota itu sendiri, sehingga mereka menamakan kota ini sebagai kota Paris yang terletak di pulau Jawa. Mereka menjadikan kota Bandung sebagai kota administratif yang bayak menghasilkan hasil perkebunan seperti teh, kopi dan lain sebagainya.
Di sini pulalah mereka mendirikan banyak bangunan berarsitektur gaya Eropa, yang notabene adalah gedung-gedung bertingkat yang cukup besar dan megah, sehingga daerah yang terkenal cukup banyak terdapat gedung-gedung semacam itu dapat kita temui di Jalan Braga. Tapi tentang Braga akan kita ulas pada kesempatan selanjutnya.
Yang menarik adalah lokasi 0 kilometernya kota Bandung, karena ternyata saya baru menyadari bahwa letak 0 kilometernya Bandung terdapat di Asia-Afrika. “Zorg, dat als ik terug kom hier een stad is gebouwd” itulah yang dikatakan Daendles dulu yang ia ucapkan tatkala menancapkan tongkat penanda di bantaran sungai Cikapundung yang menjadi titik 0 kilometernya kota Bandung kelak yang artinya "bila saya kembali ke sini, tempat ini sudah menjadi kota" (kira-kira seperti itulah artinya.)Dan di sanalh terdapat monumen KM BDG 0+00, tepat di halaman kantor Bina Marga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar